Barack Obama Tak Akan Hadiri Upacara Pemakaman Fidel Castro

Posted on

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama tidak akan menghadiri upacara pemakaman Fidel Castro di Kuba. Tidak hanya Obama, sejumlah pemimpin negara Barat lainnya termasuk Presiden Prancis Francois Hollande dan Kanselir Jerman Angela Merkel juga tidak akan hadir.

“Presiden tidak akan bepergian untuk menghadiri pemakaman Fidel Castro,” terang juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, seperti dilansir AFP, Selasa (29/11/2016).

Earnest tidak menjelaskan lebih lanjut soal siapa yang akan memimpin delegasi AS yang melayat Fidel Castro ke Kuba. Di bawah kepemimpinan Obama, tepatnya tahun 2015 lalu, AS dan Kuba memulihkan hubungan diplomatik yang membeku sejak era Perang Dingin tahun 1961.

Upacara pemakaman Fidel Castro akan digelar di Revolution Square di Havana, pada Selasa (29/11) malam waktu setempat. Jenazah Fidel Castro sendiri telah dikremasi pada Sabtu (26/11) lalu, atau sehari setelah Presiden Kuba Raul Castro yang juga adik almarhum mengumumkan kematian kakaknya.

Selain Obama, sejumlah pemimpin negara Barat lainnya telah menyatakan tidak akan hadir dalam upacara pemakaman Fidel Castro di Kuba. Salah satunya PM Kanada Justin Trudeau yang sempat dikritik karena menyebut almarhum sebagai ‘pemimpin hebat’. Trudeau yang sempat berkunjung ke Kuba pada bulan ini, akan diwakili oleh Gubernur Jenderal David Johnston.

Presiden Prancis Francois Hollande yang menemui Fidel Castro pada Mei 2015 lalu, juga tidak akan hadir. Prancis akan diwakili oleh utusan Amerika Latin Jean-Pierre Bel dan Menteri Lingkungan Segolene Royal. Lalu Kanselir Jerman Angela Merkel yang juga tidak akan hadir, diwakili oleh mantan Kanselir Gerhard Schroeder.

Sementara itu, sekutu aliran kiri Kuba di Amerika Latin akan menghadiri upacara pemakaman Fidel Castro, seperti Presiden Ekuador Rafael Corre, Presiden Bolivia Evo Morales, Presiden Nikaragua Daniel Ortega dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Kemudian Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan Presiden Kolombia Juan Manuel Santos juga dikabarkan akan hadir dalam upacara pemekaman Fidel Castro.

Dari kawasan Afrika, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan Presiden Kenya Uhuru Kenyatta dijadwalkan akan hadir.

Sumber : https://news.detik.com/internasional/3357485/barack-obama-tak-akan-hadiri-upacara-pemakaman-fidel-castro