Terungkap, Inilah Sosok Di balik Melegendanya Sandal Jepit Sejuta Umat Indonesia!!!Simak Selengkapnya

Posted on

 

Okezones.com – Siapa coba yang tak tahu tentang sandal Swallow? Sandal sederhana tersebut menjadi sandal yang begitu melegenda di Indonesia. Mungkin di setiap rumah, mulai dari orang biasa hingga pejabat tinggi atau artis terkenal punya sandal ini. Dengan tali beraneka pilihan warna yang khas, sandal ini pun masih tetap eksis hingga sekarang.

Tak heran, karena sandal ini memang sangat nyaman dipakai di kegiatan sehari-hari. Kenyamanannya tak bisa menandingi, bahkan sandal dengan harga selangit sekali pun. Menjadi sesuatu yang sudah sangat akrab dengan kita, tapi pernahkan kamu bertanya-tanya siapa sebenarnya pelopor yang telah membuat sandal ini begitu melegenda?

Tentu saja, sebagai sebuah produk, sandal ini bukannya tanpa pemilik. Nah berdasarkan penelusuran Okezones.com dari berbagai sumber, ternyata ini pelopor sandal Swallow hingga bisa melegenda seperti sekarang. Namun sebelumnya, mari kita bahas dulu sebentar tentang sejarah sandal itu sendiri.

Sejarah Sandal

Sandal pertama yang diciptakan manusia berasal dari Mesir. Sandal itu terbuat dari kayu dan daun papirus. Untuk mencetak sol sandal, mereka mencetak bentuk kaki di atas pasir pantai.

Setelah era Mesir, sandal generasi kedua adalah milik Yunani. Modelnya disesuaikan dengan kegiatan yang mereka lakukan, seperti untuk jalan-jalan, pesta, atau dipakai di rumah. Sandal bagi bangsa Yunani juga mencerminkan status dan kelas sosial si pemakai.

Sandal generasi ketiga adalah sandal Romawi yang diadopsi dan diadaptasi dari gaya sandal Yunani. Salah satu ciri khas sandal hasil modifikasi Romawi adalah penggunaan bahan kulit, tali pengikat yang dililit sampai betis, dan sol tebal dari kulit.

Ada pula sandal jepit atau sandal Jepang yang berwarna-warni dan terbuat dari karet atau plastik, dengan tali penjepit berbentuk huruf ”V” untuk menghubungkan bagian depan dengan belakang sandal. Inilah cikal bakal dari sandal jepit yang begitu digemari di Indonesia.

Sandal Swallow

Swallow sebenarnya merupakan sebuah merek. Namun karena sandal itu begitu melekat, maka akhirnya banyak yang menyebut sandal jepit dengan ‘sandal swallow’. Dari penelusuran Okezones.com, sandal Swallow merupakan produksi dari PT. Sinar Jaya Prakarsa.

Perusahaan pembuat sandal Swallow

Jika dilansir dari web perusahaan tersebut, maka perusahaan ini sudah berdiri sejak 1982. Perusahaan tersebut didirikan oleh Amir Djohan selaku pemilik dan komisaris. Perusahaan ini berlokasi di jalan Kamal Raya No. 1 (Tegal Alur), Cengkareng.

Dan ternyata sandal Swallow ini juga memiliki beragam jenis lo, mulai dari yang polos yang biasa kita temukan di masjid-masjid, hingga sandal Swallow yang berpola dan lebih moderen.

Jenis sandal Swallow

Sandal Swallow sendiri memang sangat merakyat. Sandal ini bisa kita dapatkan di toko-toko hanya dengan 7 ribu hingga 9 ribu Rupiah saja. Meski kini sudah banyak sandal jepit serupa, namun tampaknya Swallow tetap melekat di pikiran dan hati orang Indonesia.